Urutan Kabel Straight & Cross

Urutan Warna Kabel UTP Straight dan Cross – Di bandrol dengan harga yang relatif murah serta mendukung transfer data hingga 100 mbps, kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) menjadi salah satu kabel LAN yang sering di pakai untuk instalasi jaringan lokal.

Seperti namanya Unshielded Twisted Pair adalah jenis kabel berbahan dasar termbaga yang tidak memiliki pelindung alumunium seperti kabel Twisted Pair lainya, dalam artian kabel tersebut hanya dibungkus dengan isulasi dan plastik berwarna, yang berfungsi untuk melindungi kabel dari kerusakan ataupun tegangan fisik.

Kabel UTP sendiri merupakan jenis kabel yang digunakan sebagai media penghubung antara komputer dengan perangkat jaringan lainnya seperti Switch, HUB dan Router agar bisa saling terkoneksi.

Di dalam rangkaian kabel UTP tersebut terdapat 4 pasang kabel kecil dengan warna yang berbeda-beda dan saling berpilin satu sama lain. Warna kabel tersebut adalah putih orange, orange, putih biru, biru, putih hijau, hijau, putih coklat, coklat.

Untuk kegunaanya sendiri berbeda antara kabel straight dan kabel cross dari mulai urutan warna dan cara penyusunannya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak pembahasan di bawah ini.

Urutan Kabel Straight

Straight adalah istilah yang di gunakan untuk susunan warna kabel UTP dengan teknik pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung lain. Kabel straight biasanya di dipakai untuk penghubung antar device yang berbeda seperti komputer dengan HUB, PC dengan Switch begitu juga sebalinya.

Gambar Tipe Kabel Straight
Susunan Warna Kabel ke 1Susunan Warna Kabel ke 2
Putih OrangePutih Orange
OrangeOrange
Putih HijauPutih Hijau
BiruBiru
Putih BiruPutih Biru
HijauHijau
Putih CoklatPutih Coklat
CoklatCoklat

Urutan Kabel Crossover

Berbeda dengan straight, kabel cross over mempunyai susunan warna yang berbeda di setiap ujungnya. Kegunaan dari kabel cross sendiri biasanya dipakai untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama, seperti komputer dengan komputer, hub dengan hub, switch dengan switch dan lain sebagainya. Berikut susunan kabel cross yang benar:

Gambar Tipe Kabel Crossover
Warna Kabel 1Warna Kabel 2
Putih OrangePutih Hijau
OrangeHijau
Putih HijauPutih Orange
BiruBiru
Putih BiruPutih Biru
HijauOrange
Putih CoklatPutih Coklat
CoklatCoklat

Fungsi Tiap Warna Kabel UTP

Seperti yang sudah anda ketahui strukture warna kabel straight dan cross di atas, bahwasanya setiap warna yang ada di kabel UTP tersebut memiliki fungsi masing-masing. Berikut penjelasanya:

  1. Putih Orange dan Orange : Berfungsi sebagai transfer paket data.
  2. Putih Hijau dan Hijau : Berfungsi sebagai transfer paket data.
  3. Putih Biru dan Biru : Sebagai media pengirim paket suara.
  4. Putih Coklat dan Coklat : Kabel tersebut berguna sebagai power tegangan listrik arus DC.

Perbedaan Kabel Staight dan Cross

Dari kedua kabel tersebut akan kita dapatkan beberapa perbedaan, yang bisa di pakai untuk membedakan fungsi serta warna urutan kabel. Sebagai berikut:

  • Kabel straight lebih sering di pakai dalam instalasi jaringan dibandingkan dengan straight.
  • Kabel dengan susunan straight berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang berbeda, sedangkan Cross di gunakan sebagai penghubung perangkat yang sama.
  • Susunan kabel cross memiliki tipe urutan kabel silang (berbalik), sedangkan untuk barisan warna kabel straight sama (lurus)

Cara Pemasangan Kabel UTP ke RJ45

Setelah anda mengetahui fungsi dan urutan kabel staight maupun cross, tidak ada salahnya jika saya jelaskan sedikit mengenai cara pemasangan kabel UTP ke konektor.

  1. Pertama-tama silahkan anda kelupas pelindung kabel UTP.
  2. Kemudian pisahkan setiap pilin dari kabel tersebut.
  3. Selanjutnya urutkan kabel sesuai dengan susunan kontruksi yang di butuhkan, apakah straight / cross.
  4. Setelah itu potong ujung kabel tersebut agar sejajar.
  5. Jika sudah, masukan kabel UTP tersebut ke konektor RJ45 dan pastikan setiap ujung kabel benar-benar masuk ke konektor.
  6. Terakhir gunakan tang crimping untuk untuk menjepit kabel dan konektor agar saling terhubung.
  7. Selesai.

Demikianlah artikel tentang urutan kabel straight dan cross yang bisa anda jadikan pedoman untuk merangkai kabel UTP. Terimakasih telah membaca dan semoga bisa bermanfaat.

Apa itu kabel UTP?

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan tembaga dan biasa digunakan untuk menghubungkan satu perangkat komputer dengan perangkat jaringan seperti HUB, Switch dan Router agar saling tekoneksi.

Apa konektor yang digunakan untuk kabel UTP?

Konektor yang digunakan untuk kabel UTP adalah konektor standara yaitu RJ45.

Tinggalkan komentar