ROM MIUI 8 Andromax A 2022, Download dan Cara Instal

ROM MIUI 8 Andromax A – Istilah ROM tentunya sering di dengar oleh masyarakat Indonesia, tentunya untuk pengguna Android. ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory yang artinya sebuah media penyimpanan file sistem dimana jenis data yang di dalamnya tidak bisa di edit, di isi, atau di buat. Melainkan sifatnya hanya bisa di baca dan tidak bisa dihapus atau permanen.

Data di dalam ROM hanya bisa di edit atau di modifikasi dengan prosedur flashing. Untuk prosedur Flashing sendiri terlalu panjang serta membutuhkan pemahaman yang baik dalam teknologi, kali ini tidak ada dibahas dalam artikel ini.

Mungkin dari sekian banyak pengguna android sering juga mendenger istilah Custom ROM. Custom ROM dan ROM pada dasarnya tidak memiliki perbedaan pada definisinya, yang berbeda hanyalah proses modifikasi dan proses yang di dapatkan.

Yakni Custom ROM merupakan proses modifikasi dari pihak ketiga pada sistem file fimrware perangkat tertentu yang biasa disebut Android Modification

Dengan kata lain Custom ROM ialah sebuah sistem operasi modifikasi yang tidak terikat vendor tertentu. Melainkan sudah berdiri sendiri dengan adanya kernel, service, driver, aplikasi dan sistem lainnya sebagai pendukung perangkat.

Perlu diketahui bahwa ROM MIUI 8 untuk Andromax A merupakan UI (User Interface) dari XIAOMI untuk smartphonenya. Untuk kamu pengguna Andromax A tentunya akan sangat nyaman dan betah ketika memakai ROM buatan dari XIAOMI ini.

Kelemahan Menginstal ROM MIUI 8 Andromax A

  • Masa garansi ponsel pintar anda hilang
  • Tidak compatible dengan handphone yang anda miliki karena pada dasarnya ROM ini hanya untuk ponsel Xiaomi
  • Data pada ponsel hilang apabila tidak melakukan backup

Rom MIUI 8 Andromax A

Jenis ROM MIUI 8

1. ROM MIUI 8 Global Stable

ROM MIUI 8 versi Global Stable ini memiliki beragam fitur yang bisa digunakan untuk Andromax A seperti long screenshoot, dual app, quickball, SMS terjadwal dan berbagai fitur lainnya.

Fitur lainnya yakni bernama Second Space. Fitur ini bisa membuat dua profil dalam satu smartphone sehingga kamu bisa membuat hal yang bisa kamu rahasiakan dari profil utama kamu.

Untuk kamu yang pengen coba ROM MIUI 8 agar terpasang di Andromax A, pertama-tama kamu harus menginstall  custom recovery TWRP sampai sukses.

2. ROM MIUI 8 Multi ROM

ROM MIUI 8 Multi ROM merupakan ROM paling baru dan banyak digunakan oleh pengguna Andromax A. Memiliki tampilan yang elegan serta mudah dipahami dan juga ROM ini ringan sehingga tidak membuat lag saat memakainya.

Baca Juga : Cara Flash Firmware Andromax ES

Fitur yang di miliki Multi ROM sebenarnya hampir sama dengan Global Stable akan tetapi fitur Multi ROM tidak kalah menarik yakni terdapat Kernel, Free RAM lebih banyak, kedua SIM sudah support jaringan 4G tanpa unlock, dan terdapat GAPPS dan Super SU.

Cara Install ROM MIUI 8 Andromax A

Setidaknya, anda harus memilih mana kiranya ROM Mod yang cocok serta nyaman saat anda memakainya. Cara installnya Rom MIUI 8 pada ponsel smartfren Andromax A adalah sebagai berikut

  • Pertama-tama, silahkan download file ROM nya disini ya teman-teman ROM MIUI 8 Andromax A, besar file nya sekitar 600 mb.
  • Masuk ke menu TWRP kondisi smartphone dalam keadaan mati, tekan tombol volume atas dan power secara bersamaan, tahan dan lepaskan apabila sudah muncul logo Andromax.
  • Pilih tulisan “Wipe” lalu geser “Swipe To Factory Reset
  • Kemudian tekan “Install” lalu cari dan pilih file “ROM MIUI 8 Global Stable” atau “ROM MIUI 8 MultiROM”
  • Lalu “Swipe To Install”
  • Tunggu sampai prosesnya selesai
  • Tunggu sampai selesai, setelah itu pilih Reboot System
  • Tunggu sekitar 5-10 menit, nanti akan muncul home screen ROM MIUI 8

Kesimpulan

Andromax A memang tergolong HP android yang sudah jadul, namun dengan adanya custom Rom MIUI 8 Andromax A, ponsel tersebut bisa sedikit lebih terbarukan karena banyak fitur-fitur yang tadinya tidak ada menjadi ada seperti ponsel kekinian.

Banyak juga yang memilih untuk menginstal ROM jenis ini agar ponsel nya bisa berubah menjadi  jaringan GSM. Seperti yang kita ketahui Andromax A memiliki jaringan CDMA atau EVDO yang biasanya hanya bisa menggunakan kartu dari smartren saja.

Tinggalkan komentar