Cara Mudah Uninstall Xampp

Sebagai pengguna aplikasi Xampp, apakah anda sudah tahu bagaimana cara uninstall Xampp dari PC windows dan linux? Pasalnya, banyak orang yang ingin menghapus aplikasi tersebut namun belum tahu caranya.

Xampp merupakan progam yang biasa digunakan sebagai server lokal untuk menyimpan berbagai macam jenis data website secara offline. Namun dalam prakteknya Server lokal ini banyak digunakan sebagai alat penguji sebuah website sebelum di tampilkan secara online.

Maka dari itu Server lokal Xampp tersebut terkadang memenuhi penyimpanan PC / Laptop kita. Sebab semua paket progam file seperti Apacahe, MySQL dan bahasa pemrogaman PHP disimpan secara local di dalam folder bernama LocalHost.

Jika sudah seperti ini biasanya akan mengganggu kinerja dari PC kalian yang mana akan membuat performa lemot, lambat dan sangat berat untuk dioperasikan.

Oleh karenanya sebagian pengguna Xampp menghapus progam tersebut setelah semua rancangan website sudah jadi. Hal ini dilakukan agar ruang penyimpanan pada windows bisa lebih lega.

Nah buat kamu yang menggunakan Xampp sebagai server lokal dan ingin uninstall progam sampai bersih, berikut langkah-langkahnya.

Cara Uninstall Xampp Pada PC Windows

Cara Menghapus Xampp Windows

Untuk menghapus progam pada windows 7 atau 10 umumnya bisa kalian lakukan melalui Contol Panel. Namun berbeda dengan progam yang satu ini kalian tidak akan menemuinya pada menu control panel. Dengan begitu kamu harus menghapus mencari file Uninstall.exe sehingga secara manual di local disk C.

Beriku langkah-langkah Uninstall Xampp secara manual:

  1. Pastikan progam Apache dan MySQL yang ada di komputer milikmu sudah berhenti.
  2. Jika sudah klik menu Start dan pilih All Progam.
  3. Selanjutnya arahkan kursor pada Apache Friends > dan klik “Xampp Uninstall” untuk menghapus progam dari PC windows.
  4. Setelah itu pilih Yes untuk uninstall progam Xampp.
  5. Jika sudah jangan lupa untuk memilih Yes apabila muncul long term “Remove the C:\xampp\htdocs folder too?“. supaya folder xampp yang ada di local disk C bersih.
  6. Lalu tinggal menunggu proses penghapusan aplikasi Xampp sampai selesai.
  7. Terakhir klik Close.

Cara Uninstall Xampp Pada Linux OS

Pada operating system Linux tidak akan ditemui menu control panel layaknya pada windows. Sehingga untuk menghapus progam yang terinstall harus dilakukan melalui terminal emulator (CMD). Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk jenis sistem operasi Linux lainnya seperti ubuntu dan debian.

Berikut langkah – langkah hapus Xampp di Linux.

  1. Tekan tombol Crtl + Alt + T untuk masuk ke menu terminal emulator.
  2. Kemudian tuliskan perintah cd /opt/lamp tekan enter.
  3. Selanjutnya tulis ls untuk melihat list dari directory.
  4. Lalu masukan perintah sudo ./uninstall untuk memulai uninstall.
  5. Tunggu sampai muncul pemberitahuan “Do you want to uninstall XAMPP and all Modules?” klik Yes
  6. Terakhir tunggu proses uninstall aplikasi xampp sampai selesai dan klik OK.
  7. Selesai.

“Xampp Can’t Uninstall” Begini Solusinya

Jika pada saat penghapusan Xampp muncul keterangan Cant Uninstall Xampp. Maka yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menutup semua progam Xampp yang berjalan di latar belakang.

Caranya pergi ke menu Task Manager tekan Ctrl + Alt + Delete dan stop service yang berjalan seperti Apache, MySQL dan PHP. Selanjutnya ulangi lagi dengan cara uninstall yang sudah saja jelaskan diatas

Demikianlah artikel mengenai tutorial uninstall xampp pada PC Windows dan Linux yang bisa kamu praktekan. Semoga dengan tutorial ini progam Xampp bisa dihapus sampai bersih. Jika ada hal yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Tinggalkan komentar