Cara Uninstall Xampp

Sebagai pengguna aplikasi Xampp, apakah anda sudah tahu bagaimana cara uninstall Xampp dari komputer windows dan linux? Pasalnya, banyak orang yang ingin menghapus aplikasi tersebut karena berbagai macam alasan.

Xampp sendiri merupakan progam perangkat lunak open source yang berfungsi untuk membuat sebuah website dengan server yang berdiri sendiri (localhost). Progam Xampp terdiri dari Apace HTTP server, MySQL database dan penerjemah bahasa pemrogamam PHP.

Tapi sayangnya, file – file pogam seperti content, plugin dan lain sebagainya di simpan pada penyimpanan window anda. Sehingga bisanya akan memenuhi kapasitas hardisk anda.

Oleh karena itu, agar file xampp tidak memenuhi penyimpanan komputer, maka solusinya adalah dengan menghapus aplikasi Xampp secara bersih sampai folder LocalHost.

Cara Uninstall Xampp Sampai Bersih

Pada dasarnya proses uninstall Xampp pada sistem operasi windows dan Linux sama dengan penghapusan aplikasi pada umumnya. Namun terkadang pada Windows aplikasi Xampp tidak ada di menu control panel.

Cara Hapus Xampp di Windows

Untuk uninstall Xampp di komputer windows sebenarnya sangat mudah, namun jika kalian tidak bisa karena tidak menemukanya di menu control panel. Silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Pertama-tama pastikan progam Apache dan MySQL di komputer anda sudah berhenti.
  2. Kemudian klik menu Start yang ada di windows.
  3. Selanjutnya pilih All Progams > Apache Friends > dan klik Xampp Uninstall untuk menghapus aplikasi xampp dari windows anda.
  4. Setelah itu pilih Yes untuk uninstall progam Xampp.
  5. Jika sudah jangan lupa untuk memilih Yes apabila muncul long term “Remove the C:\xampp\htdocs folder too?“. supaya folder xampp yang ada di local disk C bersih.
  6. Terakhir tunggu proses penghapusan aplikasi Xampp selesai dan tekan Close.
  7. Selesai.

Cara Uninstall Xampp di Linux

Berbeda dengan hapus xampp di windows, bagi kalian yang menggunakan laptop dengan operating system Linux ubuntu dan ingin meng uninstall progam Xampp bersih sampai folder, silahkan ikuti caranya dibawah ini.

  1. Silahkan tekan Crtl + Alt + T untuk masuk ke menu cmd atau terminal yang ada di ubuntu.
  2. Kemudian ketikan perintah cd /opt/lamp tekan enter.
  3. Selanjutnya tulis ls untuk melihat list dari directory.
  4. Setelah itu masukan perintah sudo ./uninstall untuk memulai uninstall.
  5. Tunggu sampai muncul pemberitahuan “Do you want to uninstall XAMPP and all Modules?” klik Yes
  6. Terakhir tunggu proses uninstall aplikasi xampp sampai selesai dan klik OK.
  7. Selesai.

Cara Backup File & Database Xampp lewat Phpmyadmin

  1. Pertama buka menu aplikasi Phpmyadmin di komputer anda.
  2. Kemudian silahkan anda masuk ke menu Export.
  3. Selanjutnya pilih data Xampp yang ingin di backup.
  4. Setelah itu pilih jenis file ektensi zip, rar atau 7zip dan jangan lupa mengatur tempat file hasil backupan tersebut akan disimpan.
  5. Jika sudah klik GO dan proses backup data xampp akan berjalan.
  6. Selesai.

Demikianlah artikel mengenai cara uninstal xampp laptop windows dan Linux sampai bersih. Jika ada hal yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar