Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja

Cara Menghapus Akun Prakerja – Kartu Prakerja adalah progam terbaru yang di luncurkan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia agar bisa mengembangkan, meningkatkan (skill) dan daya saing dengan para wirausahawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan adanya progam Kartu Prakerja ini diharapkan masyarakat dapat berkembang & menambah produktivitas untuk meningkatkan prekonomian indonesia.

Karena perlu kamu tahu setelah peserta daftar dan mengikuti training (pembelajaran) sampai dinyatakan lulus mendapatkan sertifikat, nantinya para peserta akan diberikan insentif sebesar Rp. 2,400,000. Insentif dana tersebut akan salurkan secara bertahap setiap bulanya, sehingga bisa dipakai untuk modal berwirausaha.

Maka dari itu buat kamu yang belum memiliki akun Kartu Prakerja, bisa segera melakukan pendaftaran di situs resmi prakerja.go.id. Untuk proses registrasi Kartu Prakerja juga terbilang cukup mudah, yang kamu butuhkan hanyalah NIK, No KK dan email yang aktif.

Namun meskipun proses registrasi Kartu Prakerja terbilang cukup mudah, tapi perlu kalian ketahui jika tidak semua peserta yang mengikuti progam tersebut lolos. Dalam artian pemerintah akan melakukan seleksi peserta sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Oleh sebab itu tak heran jika banyak peserta yang pada gelombang sebelumnya tidak lolos bahkan tidak menemukan gelombang terbaru, sehingga lebih memilih untuk menghapus akun Prakerja lama yang sudah terdaftar.

Tujuan penghapusan akun prakerja tersebut adalah agar data diri kartu prakerja yang lama bisa dirubah dan registrasikan ulang pada gelombang terbaru. Apalagi saat ini sudah dibuka gelombang ke 12.

Maka dari itu untuk kamu yang tidak lolos atau sudah terlanjur registrasi tapi data diri kartu prakerja yang dimasukan ingin dirubah dan ingin daftar ulang pada gelombang baru. Maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan cara menghapus akun kartu Prakerja.

Cara Hapus Akun Prakerja Yang Tidak Lolos / Sudah Terdaftar

Cara Hapus Akun Prakerja Yang Sudah Terdaftar

Dikarenakan pada situs Prakerja tidak terdapat menu penghapusan akun, maka untuk menghapus akun Prakerja yang sudah terdaftar adalah dengan mengubungi pihak Pengembang. Cara ini dapat kamu lakukan dengan mengirimkan sebuah permohonan melalui Email untuk menghapus akun Prakerja.

Untuk alamat Emailnya sendiri, akan saya berikan untuk kalian. Alamat Email dari Pengembang Prakerja adalah info@prakerja.go.id. Nah, jika kamu belum tahu bagaimana caranya simak langkahnya dibawah ini.

  1. Buka email yang sudah terdaftar di akun prakerja lewat HP atau PC anda.
  2. Kemudian buatlah pesan email penutupan akun dengan subject “Permohonan Penghapusan Akun Prakerja“.
  3. Selanjutnya cantumkan informasi data diri anda seperti Nama, NIK, No KK dan alasan kenapa ingin menghapus akun Prakerja.
  4. Jika semuanya sudah di isi dengan benar, tinggal kirim email tersebut ke alamat info@prakerja.go.id.
  5. Terakhir, ikuti panduan yang diberikan sampai akun prakerja berhasil dinonaktifkan dan dihapus secara permanen.
  6. Selesai.

Kenapa Alasan Akun Prakerja Ingin dihapus

Bagi anda yang ingin menonaktifkan akun Kartu Prakerja dengan cara mengirim email, maka berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa anda cantumkan.

  • Ingin merubah data diri kartu Prakerja yang salah.
  • Ingin mengikuti gelombang selanjutnya, karena sebelumnya tidak lolos.
  • Lupa Password / Kata sandi.
  • Nomor Telepon sudah tidak aktif.
  • Tidak ada pilihan gabung gelombang 10 sampai 12.
  • Ingin membuat account Prakerja dengan NIK yang tedaftar.

FAQ

Apa Itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah sebuah progam yang diselenggarakan oleh pemerintah kepada masyarakat agar mengikuti bimbingan dan pelatihan dalam rangka untuk meningkatkan skill serta daya saing dengan para wirausaha lainya.

Bagaimana Cara Keluar dari Akun Prakerja?

Caranya untuk logout dari akun kartu Prakerja sangat mudah, kamu bisa pergi ke menu profil dan pilih opsi keluar akun.

Kenapa Gelombang Terbaru Tidak Muncul?

Sebagian peserta kartu prakerja tidak menemukan gelombang 12 terbaru bukan tanpa sebab. Melainkan ada beberapa faktor diantaranya adalah kuota pendaftara dan data diri kartu pakerja Anda tidak memenuhi syarat dan ketentuan dari kartu prakerja.

Demikianlah artikel mengenai cara menghapus akun Kartu Prakerja yang bisa anda pakai untuk menutup dan menonaktifkan account secara permanen selamanya, baik yang sudah terdaftar dan tidak lolos. Apabila ada hal yang belum tahu silahkan anda tanyakan di kolom komentar. Terimakasih dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya

5 pemikiran pada “Cara Menghapus Akun Kartu Prakerja”

  1. Jika menghapus akun prakerja yg sudah lolos dan insentifnya sudah selesai diterima. Terus ingin membuat kartu prakerja lagi dengan nik yang sama, apakah bisa ikut gelombang dan lolos kembali ?

    Balas

Tinggalkan komentar