Cara Mengatasi Jaringan 3 Lemot

Dengan mengetahui penyebab internet 3 yang lemot, maka kamu bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi jaringan tersebut bermasalah. Hal tersebut tentu saja akan sangat membantu untuk memperbaiki sinyal yang sering bermasalah dan hilang-hilang.

Tri (3) merupakan salah satu provider internet yang populer dan banyak digunakan masyarakat indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pengguna menganggap harga paket kartu Tri terbilang lebih murah dibandingkan provider lain.

Jenis paket internet yang disediakan oleh layanan seluler 3 diantaranya paket AlwaysON, Kombo, MovieMax Plus, Home dan lain sebagainya. Meskipun begitu, ternyata tidak sedikit pengguna yang mengeluh kenapa jaringan tri 4G sangat lambat & sinyal sering hilang. Walaupun memang ada banyak faktor penyebabnya.

Internet Kartu 3 Lemot? Coba cara ini

Cara Mengatasi Sinyal Internet 3 Lemot

Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi koneksi internet lemot, salah satunya adalah tata letak geografis tempat tinggal. Karena biasanya kecepatan koneksi internet di desa akan cenderung berbeda dengan yang ada di kota.

Hal ini disebabkan penyebaran sinyal operator 4G yang belum merata, karena biasanya provider tidak selalu menempatkan tower pemancar di semua tempat. Sehingga di beberapa daerah plosok susah mendapatkan sinyal 4G Tri karena tidak terjangkau.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jaringan internet 3 yang bermasalah sebagai berikut:

1. Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat biasa saya gunakan untuk mengatasi masalah ini. Dalam artian saya gunakan untuk melakukan reconnect jaringan, sehingga jaringan internet kartu 3 akan memulai ulang dengan IP baru.

Selain itu cara ini bukan hanya saya lakukan saat menggunakan provide ini saja, tapi di semua layanan. Intinya ketika koneksi internet mulai lambat atau tidak merespon, saya langsung mengaktifkan mode pesawat.

Setelah Mode Pesawat diaktifkan, maka secara otomatis jaringan intenet akan terputus dan kemudian tinggal kamu non-aktifkan kembali mode tersebut. Biasanya jaringan internet akan kembali normal.

2. Ganti APN (Akses Poin Name)

APN pada setiap provider memiliki fungsi sama yaitu mengatur koneksi internet seperti IP address dan proxy. Nah jadi kamu bisa menyesuaikan-nya agar mendapatkan koneksi yang lebih cepat & stabil.

APN yang disediakan layanan seluler 3 secara defauld adalah 3gprs. Sedangkan ketika kamu menggunakan APN tersebut dan dirasa kurang bagus, maka bisa diganti dengan APN tercepat Tri yang lainya.

Berikut APN 3 tercepat yang biasa saya gunakan untuk mengatasi jaringan internet yang lemot, kamu juga bisa mencobanya di beberapa operator lain supaya lebih bagus dan stabil ketika dipakai untuk bermain game online, download & upload.

3. Setting Mode Jaringan

Jika mengalami jaringan 3 lemot, alangkah baiknya pada pengaturan koneksi internet kartu tersebut kamu rubah ke mode otomatis. Sehingga secara otomatis sinyal internet akan menyesuaikan tempat dimana kamu berada agar intenet lebih stabil.

Untuk cara setting mode jaringan di ponsel android juga terbilang cukup mudah, karena sebenarnya sudah ada beberapa opsi jaringan yang disediakan seperti seperti 2G. 3G, 4G hingga LTE/3G/2G (sambungan otomatis). Berikut langkah-langkah cara konfigurasi nya:

  1. Langkah pertama silahkan buka menu “Pengaturan yang ada di HP.
  2. Kemudian, masuk ke “Koneksi” dan pilih”Jaringan Seluler“.
  3. Selanjutnya, pilih “Jenis Jaringan SIM” yang kamu gunakan untuk internet.
  4. Setelah itu silahkan atur jenis jaringan menjadi LTE/3G/2G (Sambungan Otomatis).
  5. Terakhir, tunggu pergantian sinyal internet muncul kembali karena biasanya sinyal akan terputus beberapa detik secara otomatis.
  6. Selesai.

4. Mengatur Ulang DNS

Trik selanjutnya adalah dengan mengatur ulang setelan DNS pada smartphone. DNS atau Domain Name System merupakan sistem penamaan yang mengubah IP address menjadi Domain address, misalnya 8.8.8.8 menjadi www.google.com.

Karena tidak semua DNS memiliki kestabilan dan kecepatan yang sama. Maka tidak ada salahnya jika mengganti DNS ke pengaturan awala di HP dengan DNS gratis seperti Cloudflare, Open DNS, dan lain sebagainya.

5. Restart Smartphone

Cara mengatasi internet kartu 3 lemot selanjutnya adalah dengan reboot ulang HP. Sebab kadang setelah mempraktekan beberapa metode diatas untuk mengatasi internet tri yang lemot Hanphone memerlukan restart.

Hal ini dimaksudkan agar HP melakukan refresh ulang pada saat restart dan memberikan efek setelah mengaplikasikan penggantian APN atau DNS tahap sebelumnya. Setidaknya dengan melakukan booting ulang, sinyal internet kartu Tri akan normal.

6. Gunakan Malam Hari

Kecepatan internet pada malam hari akan lebih cepat ketimbang saat jam-jam sibuk. Hal ini memang benar, sebab saat malam hari orang yang menggunakan koneksi internet lebih sedikit.

Sehingga traffic internet menjadi longgar, karena semakin banyak penggunanya maka kecapatan akan cenderung menurun.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jaringan internet 3 yang lemot. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimaksih dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar