Cara Menghapus Akun Shopee

Cara Menghapus akun Shopee – Untuk hapus akun Shopee sebenarnya sangat mudah dilakukan, karena Shopee sendiri sudah menyediakan menu penghapusan account. Jadi baik akun pembeli dan akun penjual di Shopee bisa dihapus secara permanen dengan mudah.

Meski begitu masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut. Sehingga kebanyakan dari mereka gagal menutup akun Shopee mereka karena tidak memperhatikan beberapa hal.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan cara bagaimana menghapus akun shopee yang benar. Cara ini juga bisa kamu pakai untuk hapus akun yang dibatasi tanpa harus login.

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Cara Hapus Akun Shopee

Terdapat beberapa metode penghapusan dan non aktifkan akun salah satunya melalui menu delete account yang tersedia di aplikasi Shopee dan lewat website resminya. Namun pertama-tama saya akan menjelaskan cara hapus akun lewat aplikasi Shopee.

Cara Menghapus Akun Aplikasi Shopee

Langkah menghapus akun yang akan kita pakai ialah lewat aplikasi Shopee yang ada di HP kamu. Dengan begitu semua data akun aplikasi shopee akan terhapus secara bersih.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Shopee yang ada di HP.
  2. Kemudian masuk ke menu “Account” yang ada di sebelah kanan bawah.
  3. Selanjutnya pilih “Pengaturan Akun” dan klik opsi “Ajukan Penghapusan Akun“.
  4. Jika muncul Popup notifikasi pilih saja”OK“.
  5. Setelah itu masukan “Kode Verifikasi” yang dikirim ke nomor HP kamu dan tekan tombol “Lanjut“.
  6. Lalu berikan alasan kamu ingin menghapus akun Shopee secara jelas.
  7. Terakhir tekan tombol “Kirim” dan akun shopee berhasil di hapus secara permanen.
  8. Selesai.

Cara Menghapus Akun Shopee Lewat Gmail

Jika cara diatas akun shopee tidak berhasil dihapus, maka kamu bisa pakai cara kedua. Cara ini dapat digunakan untuk hapus akun yang lupa password atau nomor telepon shopee. Caranya dengan mengajukan permohonan penutupan akun melalui email.

  1. Pertama silahkan Login ke alamat email yang terdaftar di Shopee menggunakan web browser (Google Chrome atau Mozila Firefox) di PC kamu.
  2. Selanjutnya buatlah email baru yang ditujukan ke Support@shopee.co.id. dengan Subjek “Permohonan Hapus Akun Shopee“.
  3. Setelah itu isi informasi data profil kamu secara lengkap, seperti username, nomor HP serta alasan kenapa akun Shopee ingin di hapus.
  4. Setelah itu klik tombol Send untuk mengirim email tersebut.
  5. Terakhir tinggal menunggu hingga Shopee menghapus akun kamu selamanya.
  6. Selesai.

Alasan Kenapa Akun Shopee Ingin dihapus

Sebagian pengguna shopee ingin menutup dan hapus account mereka bukan tanpa sebab. Walaupun Shopee menjadi salah satu marketplace online yang memiliki segudang fitur namun ada sebagian pengguna memilih untuk menutup akun mereka.

1. Nomor Sudah Tidak Aktif

Alasan pertama yang membuat orang ingin menghapus account Shopee adalah karena nomor yang terkait dengan akun sudah tidak aktiv. Sehingga dengan menghapus akun maka semua data profil toko dan pengguna akan hilang.

2. Akun Shopee Terkena Hack

Selanjutnya ialah karena account mereka terkena Hack orang tidak dikenal. Terjadi transaksi yang tidak diketahui, hingga penarikan saldo shopepay tanpa adanya verivikasi.

3. Lupa Password atau Kata Sandi

Tidak ingat dengan kata sandi akun yang kita miliki pastinya akan menjadi sebuah petaka, apalagi account tersebut merupakan sebuah lapak atau jual beli online. Demi meminimalisir kemungkinan terburuk maka mereka lebih memilih untuk mengahapus account secara permanen.

FAQ

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Terhapus?

Jika kamu tidak sengaja menekan tombol hapus akun di aplikasi shopee, maka kamu tidak perlu khawatir sebab dari artikel yang saya baca “akun shopee yang sudah dihapus dan tidak lebih dari 30 hari masih bisa dikembalikan lagi”. Berikut caranya:

  1. Pertama silahkan buat pesan Email lewal aplikasi Gmail.
  2. Kemudian pada kolom penerima isi dengan alamat email help@shopee.co.id.
  3. Selanjutnya isi subject sesuai dengan keperluanmu untuk megembalikan akun, isi saja “Tidak Bisa Login ke Akun”.
  4. Lalu tulis maksud dari tujuanmu mengirim email, silahakan utarakan dengan bahasa yang baik dan sopan.
  5. Setelah itu jangan lupa untuk melampirkan data diri dari akun shopee kamu seperti Email, KTP, Nomor Telepon yang terkait dan Tangkapan layar saat login notifikasi error yang muncul.
  6. Kemudian tekan tombol Kirim untuk mengirim pesan email tersebut.
  7. Terkahir, kamu tunggu saja feedback dan ikuti intruksi yang diberikan oleh shopee hingga akun berhasil dikembalikan.
  8. Selesai.

Penjelasaan ! Akun Shopee Gagal dihapus

Pihak Shopee menolak penghapusan akun bukan tanpa sebab, melainkan ada hal-hal yang menyebabkan account kamu tidak di setujui. Dengan kata lain belum memenuhi syarat & ketentuan yang berlaku.

  1. Akun Telah dibatasi.
    Pembatasan akun dilakukan oleh pihak shope ke pada penggunanya bukan tanpa alasan, melainkan ada beberapa hal yang melanggar ketentuan daripada Shopee sendiri. Oleh sebab itu untuk melakukan pemulihan akun maka kamu perlu mengajukan banding ke pusat bantuan Shopee.
  2. Nomor Telepon Sudah Terdaftar di Akun lain.
    Lalu kasus kedua yang menyebabkan pengajuan penutupan akaun ditolak adalah karena no ponsel yang terdaftar di beberapa akun shopee yang lain. Sehingga kamu perlu menghubungi Customer Service shope langsung.
  3. Pesanan Belum Terselesaikan
    Masalah lain yang menyebabkan penghapusan akun tidak di setuji ialah karena ada transaksi jual ataupun beli yang belum diselesaikan. Nah untuk mengatasi hal tersebut maka segera selesaikan transaksi kamu.
  4. Masih Memiliki Saldo ShopeePay
    Seperti halnya dengan penyebab sebelumnya, jika kamu masih memiliki transaksi atau penarikan dana saldo ShopePay maka penghapusan akun tidak dapat dilakuakan. Sehingga perlu kamu perhatikan untuk mengecek saldo ShopePay benar-benar kosong (Rp 0).

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai tata cara menghapus akun Shopee. Cara ini bisa kamu pakai untuk hapus account pembeli, Toko dan seller di shopee. Jika ada hal yang masih kurang jelas, silahkan di tanyakan melalui kolom komentar yang disediakan. Terimaksih dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar