Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan
Tutorial

Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan

Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan – Sebagai bentuk perlindungan untuk para pekerja buruh, saat ini pemerintah meluncurkan progam yang BPJS Ketenaga kerjaan. Dengan begitu para pekerja akan merasa lebih aman dan terjamin dengan adanya progam tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan progam layanan pelindungan jaminan sosial dan proteksi yang diberikan oleh pemerintah untuk para tenaga kerja yang ada di Indonesia.

Sistem jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan tersebut meliputi empat hal yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Oleh sebab itu dengan adanya jaminan untuk tenaga kerja, maka diharapkan bagi setiap pekerja untuk segera mendaftar agar memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Untuk pendaftaranya sendiri terdapat dua metode yang bisa dilakukan.Pertama melalui situs  www.bpjsketenagakerjaan.go.id secara online dan yang kedua adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang BPJS terdekat.

Nah setelah anda berhasil mendaftar akun BPJS ketenagakerjaan maka nantinya Anda akan mendapatkan akun BPJS yang bisa anda gunakan untuk login ke aplikasi BPJSTKU.

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi BPJSTKU Anda bisa mendownload nya lewat Google Play Store & App Store. Setelah itu tingga memasukan alamat email dan password yang sebelumnya sudah di daftarkan.

Maka dari itu penting sekali untuk mengingat email dan password akun BPJSTKU yang sudah terdaftar. Sebab apabila sampai lupa email ataun kata sandi akun, pastina akan membuat anda tidak bisa login ke aplikasi tersebut untuk keperluan cek saldo dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana solusinya jika Anda lupa Email dan kata sandi akun BPJS ketenagakerjaan? Anda tidak perlu panik, karena account tersebut bisa di reset ulang untuk mengganti email yang sudah ada dengan alamat gmail baru.

Oleh sebab itu apila anda belum tahu bagaimana caranya, silahkan simak baik-baik tutorial cara ganti email BPJS ketenagakerjaan (BPJSTKU) yang akan saya bahas secara jelas dibawah ini.

Cara Mudah Mengganti Email BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengganti Email Akun BPJS Ketenagakerjaan

Dikarenakan pada aplikasi BPJSTKU belum menyediakan menu penggantian email secara mandiri, maka untuk merubah data diri dan email BPJS ketenagakerjaan silahkan simak langkah-langkah dibawah ini:

Kirim Surel ke BPJS Ketenagakerjaan

  1. Langkah pertama silahkan anda Login ke alamat email yang sudah terdaftar ke Akun BPJS ketenagakerjaan yang ada di HP anda.
  2. Selanjutnya silahkan anda buat email dengan subject “Ganti Email Akun BJSTKU” serta cantumkan informasi data diri account yang ingin dirubah.
  3. Kemudian jangan lupa berikan alasan Anda kenapa ingin mengganti email BPJS tersebut.
  4. Jika semuanya sudah Anda isi, tinggal kirim email tersebut ke alamat care@bpjsketenagakerjaan.go.id lalu klik Kirim.
  5. Terakhir tunggu balasan dari BPJS dan ikuti panduan yang diberikan untuk ganti email yang sudah terdaftar.
  6. Selesai.

Menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Selain dengan cara diatas untuk mengubah data diri BPJSTKU yang sudah didaftarkan seperti email dan password, anda juga bisa menghubungi Call Center resmi di nomor (021)520-7797 atau Whatsapp +62 811 911 5910 untuk mengetahui alamat email.

Setelah anda berhasil menghubungi Customor Service yang bertugas, silahkan sampaikan maksud dan tujuan anda minta bantuan untuk ganti password, mengetahui email hingga merubah data email yang terdaftar sebelumnya.

Setelah itu Anda akan diminta informasi data diri akun BPJSTK yang ingin rubah emailnya, seperti “Nama Lengkap, Tempat/ Tanggal lahir, Nama Ibu Kandung, KTP dan nomor kartu BPJS ketenagakerjaan“.

Mendatangi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Terakhir apabila dengan cara diatas namun email anda belum juga dirubah, maka Anda bisa datang langsung ke kantor BPJSTK yang ada sekitar anda. Selain itu cara ini juga bisa anda gunakan untuk Anda yang sedang ingin tahu alamat email dari kartu BPJSTK yang sedang Anda pakai.

Sedangkan untuk dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum mendatangi kantor BPJS tersebut adalah sebagai berikut:

  • KTP / E-KTP
  • Kartu Keluarga.
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Jika dirasa semua dokumen tersebut sudah lengkap maka anda bisa mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan. Untuk proses penggantian email biasanya tidak bisa langsung jadi pada hari itu juga, tapi anda akan diminta untuk menunggu sampai beberapa hari, hingga nanti dihubungi kembali oleh petugas BPJS untuk datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Alasan Kenapa Ingin Ganti Email BPJS Tenaga Kerja

Apabila pada saat pengajuan permohonan ke BPJSTK ada petugas yang menanyakan alasan kenapa ingin mengganti alamat email yang sudah terdaftar, berikut alasan yang bisa anda berikan.

  1. Lupa Email.
  2. Email yang terdaftar sudah tidak aktif.
  3. Lupa password / Kata sandi Email.
  4. Email yang terdaftar bukan email pribadi.

Demikianlah artikel cara ganti email akun BPJS ketenagakerjaan yang bisa anda gunakan untuk merubah data diri dan mengganti alamat email lama dengan yang baru.

Jika ada hal yang masih kurang jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar yang sudah saya sediakan. Terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Bagaimana Cara Mengganti Nomor BPJS Ketenagakerjaan?

Untuk mengganti nomor lama dengan nomor baru BPJSTK maka anda bisa mengirim SMS dengan format:
Daftar Ganti Nomor Baru#Nomor lama#No KTP kirim ke 2757.

Apa Fanspage resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan?

Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi terbaru mengenai progam terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengikuti halaman @BPJSTKinfo.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *