Cara Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan

Dengan mengetahui email BPJS Ketenagakerjaan yang aktif maka kamu bisa merubah data email secara online. Karena banyak orang yang lupa dengan alamat email bpjs yang sudah terdaftar.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan progam layanan pelindungan jaminan sosial dan proteksi yang diberikan oleh pemerintah untuk tenaga kerja yang ada di Indonesia. Sistem jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan tersebut meliputi empat hal yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Untuk pendaftaranya terdapat dua metode yang bisa digunakan. Pertama melalui situs BPJS Ketenagakerjaan, lalu yang kedua adalah dengan mendatangi kantor cabang BPJS terdekat.

Bagi peserta yang sudah berhasil mendaftar bisa melihat kepesertaannya melalui aplikasi BPJSTKU. Aplikasi tersebut bisa di download melalui layanan Google Play Store dan App Store.

Namun agar bisa mengakses akun ketenagakerjaan maka kamu perlu mengetahui email resmi BPJS yang telah terdaftar. Oleh karena itu penting untuk mengingat alamat email dan password account BPJSTKU yang dimiliki. Sebab jika sampai kamu lupa dengan email / kata sandi BPJS ketenagakerjaa, maka kamu tidak bisa login untuk keperluan cek saldo dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana solusinya jika sudah lupa Email dan kata sandi akun BPJS ketenagakerjaan? maka solusi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti dan merubah email BPJS Ketenagakerjaan.

Nah buat kamu yang belum tahu cara ganti email akun BPJS ketenagakerjaan tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan saya ajarkan bagaimana cara melakukan perubahan sekaligus & mengganti email bpjs ketenagakerjaan.

Cara Merubah Data Email Akun BPJS Ketenegakerjaan

Cara Mengganti Email Akun BPJS Ketenagakerjaan

Melakukan penggantian dan perubahan data akun BPJS ketenagakerjaan memang tidak bisa dilakukan asal-asalan. Apalagi jika kalian sudah lupa dengan alamat email dan kata sandi BPJS ketenagakerjaan yang sudah terdaftar. Oleh karena itu agar proses perubahan data BPJS bisa sukses, silahkan simak baik-baik tutorial dibawah ini.

Kirim Email : Care@bpjsketenagakerjaan.go.id

Dikarenakan pada aplikasi BPJSTKU tidak menyediakan menu penggantian email secara mandiri, maka untuk merubahnya kamu harus mengajukan permohonan ke alamat email BPJS ketengakerjaan.

  1. Langkah pertama silahkan Login ke aplikasi Gmail yang ada di HP kalian.
  2. Kemudian buatlah email permohonan dengan subject “Perubahan Data Email Ketenagakerjaan” lalu cantumkan informasi data diri akun yang ingin diganti.
  3. Selanjutnya masukan alasan kalian ingin mengganti email BPJS tersebut.
  4. Jika semuanya sudah di isi dengan benar, kirim email tersebut ke alamat care@bpjsketenagakerjaan.go.id lalu klik Send.
  5. Terakhir feedback dan ikuti panduan yang diberikan sampai data email kalian benar-benar dirubah.
  6. Selesai.

Alasan Kenapa Ingin Ganti Email BPJS Ketenagakerjaan

Sebagian orang ingin ganti email BPJS ketengakerjaan bukan tanpa sebab, melainkan ada hal lain. Berikut ini beberapa alasan yang bisa kamu lampirkan ketika ingin ganti email BPJS Ketenagakerjaan dengan cara kirim email:

  1. Gmail sudah tidak aktif.
  2. Lupa Password / Kata Sandi.
  3. Email yang terdaftar milik pribadi.
  4. Lupa dengan Alamat Email BPJS Ketenegakerjaan.

Telepon Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Selain dengan cara diatas untuk melakukan perubahan emali BPJS ketenagakerjaan. Kamu juga bisa menghubungi langsung Call Center resmi BPJS kentenagakerjaan melalui telepon di nomor (021)520-7797 atau Whatsapp +62 811 911 5910.

Setelah berhasil tersambung dengan Customer Service yang bertugas, silahkan sampaikan maksud dan tujuan ingin merubah alamat email akun BPJS ketenagakerjaan.

Setelah itu mereka akan minta informasi data diri kalian seperti “Nama Lengkap, Tempat/ Tanggal lahir, Nama Ibu Kandung, KTP dan nomor kartu BPJS ketenagakerjaan“.

Mendatangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Terakhir apabila dengan cara diatas namun email anda belum juga dirubah, maka Anda bisa datang langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan yang ada di sekitar kalian.

Terakhir apabila dengan cara diatas namun email anda belum juga dirubah, maka Anda bisa datang langsung ke kantor BPJS tenaga kerja yang ada sekitar kalian. Dengan begitu kamu bisa mengecek, merubah dan mengetahui alamat email BPJS yang terdaftar.

Berikut ini adalah beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan sebelum mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan:

  • KTP / E-KTP
  • Kartu Keluarga.
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Jika dirasa semua dokumen tersebut sudah lengkap maka anda bisa mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan. Untuk proses penggantian email biasanya tidak bisa langsung jadi pada hari itu juga, biasanya kamu akan dihubungi lagi oleh petugas apabila perubahan data email dan akun BPJS ketenagakerjaan selesai.

Itulah tadi artikel mengenai cara ganti email akun BPJS ketenagakerjaan. Jika ada hal yang masih kurang jelas, jangan sungkan-sungkan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Bagaimana Cara Mengganti Nomor BPJS Ketenagakerjaan?

Untuk mengganti nomor lama dengan nomor baru BPJSTK maka anda bisa mengirim SMS dengan format:
Daftar Ganti Nomor Baru#Nomor lama#No KTP kirim ke 2757.

Apa Fanspage resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan?

Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi terbaru mengenai progam terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengikuti halaman @BPJSTKinfo.

Bagaimana Cara Mengetahui Email Akun BPJS Ketenagakerjaan?

Untuk melihat dan mengetahui alamat email akun BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terdaftar, kamu bisa cek melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan secara langsung.

Tinggalkan komentar