Cara Flash Lenovo S856
Flashing

Cara Flash Lenovo S856

Cara terbaik untuk mengatasi kerusakan sistem yang terjadi pada HP Android adalah dengan melakukan flash ulang baik itu bootloop, lupa password hingga mati total, terutama pada HP Lenovo S856.

Lenovo S856 merupakan salah satu Handphone android yang menawarkan spesifikasi cukup tinggi dikelas harga 1 jutaan. Dengan dibekali prosessor Quad-Core 1.2 GHz Cortex A7, GPU Andreno 305 dan didukung RAM sebesar 1 GB. Tak heran jika banyak orang tertarik dan ingin segera memiliki HP lenovo S856.

Selain itu produk-produk elektronik yang di keluarkan oleh Lenovo juga sudah akrab di kalangan masyarakat Indonesia, jadi tidak perlu kita ragukan lagi keawetannya. Apalagi garansi yang diberikan Lenovo untuk produknya cukup lama yaitu sekitar 6-12 bulan.

Namun, meski begitu banyak ditemukan kasus dimana pengguna HP Lenovo S856 series sering mengalami kerusakan, baik pada sisi software maupun Hardware. Walapun memang jika Handphone masih memiliki warranty bisa di bawa langsung ke Service Center Lenovo untuk diperbaiki.

Tapi bagaimana apabila handphone anda sudah tidak garansi dan mengalami kerusakan pada bagian software. Maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan flash ulang.

Oleh sebab itu, bagi anda pengguna HP Lenovo tipe S856 dan mengalami keusakan software, maka tidak perlu khawatir karena bisa anda perbaiki sendiri dengan melakukan flash ulang menggunakan firmware bawaan resmi dari Lenovo.

Cara Flash Lenovo S856 Via FlashTool

Cara Flash Lenovo S856 Via FlashTool

Metode pertama yang akan kita pakai untuk melakukan flashing ulang HP Lenovo S856 adalah menggunakan software QFile Tool, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan sistem pada handphone Lenovo tipe-tipe lain.

Untuk itu sebelum masuk ke langkah-langkah flash ulang, saya asumsikan anda telah memiliki file dan bahan yang dibutuhkan. Jika belum silahkan download file firmware dan USB driver Lenovo melalui link dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan install dulu QualCom USB Driver di PC / Laptop anda.
  2. Kemudian extrak file Firmware Stock Rom Lenovo S856 menggunakan aplikasi WinRAR.
  3. Selanjutnya buka aplikasi QFilTool.exe.
  4. Jika sudah klik menu “Flat build” lalu tekan “Browse” dan cari file firmware Lenovo yang sudah di ekstrak tadi bernama “prog_emmc_xxx.mbn“.
  5. Setelah itu tekan menu Load XML dan pilih file “rawprogam0 klik buka, “patch0” klik buka lagi.
  6. Selanjutnya masuk ke “Mode Download“tekan Volume Atas + Volume Bawah sambil menghubungkan HP ke komputer melalui kabel USB.
  7. Jika sudah terhubung, untuk mulai proses flash ulang Lenovo S856, klik saja tombol “Download“.
  8. Terakhir tunggu proses flashing berjalan sampai 100% di tandai dengan munculnya notifikasi “Finish“.
  9. Selesai.

Cara Flash HP Lenovo S856 Tanpa PC Via SD Card

Selain cara flash dengan PC menggunakan FlashTool, ada juga cara flash ulang yang lebih mudah yaitu via SD Card, yang anda butuhkan hanyalah sebuah SD Card khusus yang berisi file firmware HP tersebut.

  1. Pertama-tama anda download dulu file “Stock ROM” HP Lenovo S856.
  2. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi winZIP atau WinRAR.
  3. Selanjutnya “copy file tersebut ke ruang penyimpanan SD Card anda.
  4. Setelah itu pasang kembali SD Card ke HP Lenovo anda dan Matikan handphone tersebut.
  5. Lalu tekan tombol Volume Bawah & Power untuk masuk ke menu Recovery.
  6. Jika sudah pilih opsi apply update form sdcard dan cari file Stock ROM lenovo S856 yang sebelumnya sudah disalin di SD Card.
  7. Terakhir tunggu proses update dari SD Card berjalan sampai 100%.
  8. Selesai.

Demikianlah artikel mengenai cara flash ulang Lenovo S856 via FlassTool dan SD Card. Jangan lupa berikan komentar jika masih ada pertanyaan yang belum anda tahu di kolom komentar. Terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Xnimrodx dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *