Cara Flash Lenovo A859
Flashing

Cara Flash Lenovo A859

Dengan mengetahui cara flash ulang HP Lenovo seri A859 merupakan salah satu cara terbaik untuk memperbaiki HP yang mengalami kerusakan sistem android, seperti bootloop, stuck logo hingga matot (mati total).

Lenovo A859 sendiri pertama kali diluncurkan pada bulan januari tahun 2014 . Dengan kisaran harga 1 jutaaan HP tersebut menawarkan spesifikasi yang cukup tinggi yaitu RAM sebesar 1 GB, GPU Mali-400MP2 dan prosessor MT6582 (nm).

Selain itu Lenovo A859 ini juga memiliki masa garansi yang cukup lama yaitu sekitar 12 bulan. Oleh sebab itu tak heran jika HP ini banyak dicari-cari masyarakat Indonesia. Karena seperti yang kita tahu produk-produk elektronik yang ditawarkan oleh Lenovo tidak perli diragukan lagi masalah keawetanya.

Namun meskipun begitu, banyak ditemukan pengguna Lenovo A859 yang mengalami kasus kerusakan Software maupun Hardware. Tapi dari kasus yang ditemui paling banyak di tahun 2020 adalah kerusakan pada bagian sistem android seperti bootloop, ngehang hingga matot.

Nah, oleh sebab itu bagi anda pengguna HP lenovo tipe A859 yang mengalami kerusakan sistem, maka anda tidak perlu khawatir karena anda dapat memperbaikinya dengan cara melakukan flashing ulang menggunakan firmware original resmi dari Lenovo.

Cara Flash Lenovo A859 Via FlashTool

Cara Flash Ulang Lenovo A859

Tutorial yang pertama akan kita coba melakukan flashing ulang HP Lenovo A859 menggunakan PC atau Laptop dengan bantuan aplikasi SP FlashToll. Aplikasi ini nantinya kita pakai untuk mengatasi semua kerusakan Software pada sistem android HP lenovo terutama mati total (matot), bootloop dan lain-lain.

Sebelum mempraktekan cara ini, silahkan anda download terlebih dulu file-file yang dibutuhkan, seperti file Firmware Lenovo A859 tested, file FlashTool, dan USB driver melalui link yang sudah saya sediakan dibawah ini:

Nama FileLink Download
SP FlashtoolDonwload
Driver USB MTKDonwload
Firmware Lenovo A859 Tested (by Veflash)Donwload
  1. Langkah pertama silahkan anda install terlebih dulu “Driver USB MTK” PC atau Laptop anda.
  2. Kemudian ekstrak Firmware Lenovo A859 stock ROM yang sudah anda download.
  3. Selanjutnya jalankan progam SP FlashToll.
  4. Jika sudah, klik menu “Scatter-loading” dan cari file firmware “MT6582_Android_scatter.txt yang sudah di ekstrak sebelumnya klik Open.
  5. Lalu hilangkan ceklis pada opsi “Preloader“, agar nantinya proses flashing bisa berjalan dengan lancar.
  6. Setelah itu masuk ke “Mode Download” dengan cara tekan Volume Atas sambil menghubungkan HP ke komputer melalui kabel USB.
  7. Selanjutnya jika HP terdeteksi di komputer, secara otomatis proses flashing Lenovo A859 akan berjalan.
  8. Terakhir tunggu proses flashing sampai 100% di tandai dengan munculnya notifikasi “Finish“.
  9. Selesai.

Cara Flash HP Lenovo A859 Tanpa PC Via SD Card

Selain cara flashing dengan PC menggunakan progam FlashTool, ternyata ada cara flash ulang yang lebih mudah yaitu via SD Card, anda hanya perlu sebuah SD Card yang berisi file firmware27 bawaan HP tersebut.

  1. Pertama-tama download terlebih dahulu file “Stock ROM” HP Lenovo A859.
  2. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi winZIP atau WinRAR.
  3. Selanjutnya “copy” file firmware ke penyimpanan SD Card anda.
  4. Setelah itu pasang kembali SD Card ke HP Lenovo anda dan Matikan handphone tersebut.
  5. Lalu tekan tombol Volume Bawah & Power untuk masuk ke menu Recovery.
  6. Jika sudah pilih opsi “apply update via sdcard” dan cari file Stock ROM lenovo A859 yang sebelumnya sudah disalin ke SD Card.
  7. Terakhir tunggu proses update dari SD Card berjalan sampai 100%.
  8. Selesai.

FAQ

Bagaimana cara mengatasi HP Lenovo A859 tidak terdekti di PC?

Untuk mengatasi Lenovo A859 yang tidak terdeketi di pc pada saat proses flashing menggunakan SP FlashToll, silahkan anda ulangi lagi penginstallan driver USB MTK.

Demikianlah artikel mengenai cara flash ulang Lenovo A859 via FlassTool dan SD Card. Jangan sungkan-sungkan berikan komentar jika masih ada pertanyaan yang belum anda ketahui di kolom komentar. Terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicon dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *