Cara Flash Lenovo A369i

Salah satu cara memperbaiki kerusakan sistem yang terjadi pada HP android Lenovo A369i adalah dengan melakukan flashing. Caranya juga terbilang cukup mudah, karena bisa dilakukan dengan bantuan SP FlashTool sampai tanpa PC via SD Card menggunakan firmware bawaan row 201 / s201.

Lenovo A369i sendiri merupakan HP Android yang masih saya pakai sampai sekarang. Dengan kisaran harga 1 Jutaan, ponsel tersebut menawarkan spesifikasi yang cukup tinggi yaitu prossesor MTK6572 (28nm), GPU mali 400 dan ram sebesar 512 Mb HP ini masih sangat nyaman ketika digunakan.

Namun meskipun Lenovo A369i terbilang nyaman dan awet, tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerusakan dan error sistem. Walaupun memang seperti yang kita tahu namanya sistem android tidak bisa lepas dari yang namanya fail dibagian software.

Oleh sebab itu dengan mengetahui error yang terjadi pada hp tersebut seperti bootloop, hang, stuck logo hingga mati total, maka apabila sewaktu-waktu lenovo a369i yang anda miliki bermasalah bisa diperbaiki sendiri dengan cara flashing.

Untuk melakukan flashing ulang Lenovo tipe A369i sendiri ada dua metode yang bisa anda gunakan, yang pertama adalah dengan bantuan progam SP FlashTool & yang kedua ialah via SD Card (Tanpa PC).

Maka dari itu bagi anda yang belum tahu cara bagaimana flash HP Lenovo A369i menggunakan firmware original dari Lenovo. Silahkan simak terus artikel ini.

Cara Flashing Lenovo A369i dengan FlashTool

Cara Flash Lenovo A369i via FlashTool

Metode pertama yang akan kita pakai untuk flash ulang Lenovo A369i lewat PC adalah menggunakan progam SP FlashTool. Dengan progam tersebut Anda bisa memperbaiki kerusakan software seperti bootloop, hilang imei, lupa pola hingga matot pada tipe HP Lenovo lainya.

Namun sebelum mempraktekan caranya, silahkan download bahan-bahan yang diperlukan seperti file firmware Lenovo A369i official (tested), file FlashTool dan USB driver melalui link yang sudah saya sediakan dibawah:

Nama FileLink Download
SP FlashToolDownload
USB DriverDownload
Firmware Lenovo A369Ii (tested) by berakalDownload
  1. Pertama-tama silahkan install dulu “USB Driver” ke PC / Laptop anda.
  2. Kemudian ekstrak file Flashtool dan firmware stock ROM Lenovo A369i menggunakan winZIP.
  3. Selanjutnya buka aplikasi SP FlashTool yang sudah di ekstrak sebelumnya.
  4. Setelah itu klik menu Scatter-loading File dan cari file MT6572_Android_Scatter_emmc.txt didalam folder firmware yang sudah di ektrak.
  5. Lalu hilangkan ceklis pada opsi “Preloader” agar proses flashing bisa bejalan lancar.
  6. Selanjutnya hubungkan HP anda ke PC dengan kabel USB sembari tekan Volume Bawah agar masuk ke “Mode Download“.
  7. Jika sudah terhubung, tekan tombol “Download” untuk memulai proses flashing .
  8. Terakhir tunggu flashing berjalan sampai 100% hingga muncul notifikasi “Download Ok” yang menandakan proses flash telah berhasil.
  9. Selesai.

Cara Flash HP Lenovo A369i Via SD Card Tanpa PC

Selain dengan cara diatas, anda juga bisa melakukan flashing Lenovo A369i lewat SD Card tanpa perlu bantuan komputer. Yang anda butuhkan hanyalah sebuah SD Card yang berisikan file firmware Lenovo A369i.

  1. Pertama-tama download terlebih dulu file “Stock ROM” HP Lenovo A369i.
  2. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi winZIP atau WinRAR.
  3. Selanjutnya “copy” file firmware ke penyimpanan SD Card anda.
  4. Setelah itu Matikan handphone tersebut dan pasang kembali SD Card tersebut.
  5. Lalu tekan tombol Volume Bawah & Power untuk masuk ke menu Recovery / TWRP.
  6. Jika sudah pilih opsi “apply update via sdcard” dan cari file Stock ROM lenovo A369i yang ada di SD Card.
  7. Terakhir tunggu proses update dari SD Card berjalan sampai 100%.
  8. Selesai.

FAQ

Kenapa Lenovo A369i saya tidak terdeteksi di PC?

Apabila HP A369i anda tidak dikenali oleh PC anda pada saat proses flashing, silahkan anda ulangi lagi installasi USB driver.

Itulah tadi artikel mengenai cara flash Lenovo A369i via SP FlashTool dan SD Card yang bisa anda pakai untuk memperbaiki kerusakan pada HP tersebut. Jika ada hal yang masih kurang jelas, silahkan tanyakan dikolom komentar yang sudah saya disediakan. Terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh prettycons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Tinggalkan komentar