Cara Flash Andromax ES

Mengetahui cara flash ulang HP android yang bootloop adalah cara terbaik yang bisa Anda pakai untuk memperbaiki handphone smartfren Andromax Es yang mengalami kerusakan sistem misalnya softbrick, bootloop, hingga error failed to set authority flag.

Andromax ES sendiri merupakan ponsel android keluaran dari Smartfren, yang dilaunching pada tahun 2015. Dibekali spesifikasi yang cukup tinggi yaitu Ram sebesar 1 GB, internal 8 GB dan CPU Quad-core 1.2 GHz ARM Cortex A53, Andromax ES ini hanya dibandrol dengan harga 1 jutaan saja.

Namun meski begitu HP ini tak jarang mengalami kerusakan Software hingga hardware. Tapi dari beberapa kasus kerusakan yang paling banyak saya temui adalah error pada bagian sistem android seperti tidak bisa tf update, softbrick, bootloop hingga stuck logo.

Tapi kerusakan tersebut bisa kalian perbaiki dengan cara melakukan flashing ulang, sehingga apabila terjadi kerusakan sistem seperti bootllop, softbrick dan gagal update hal tersebut bisa anda perbaiki sendiri.

Cara flash ulang Andromax ES (c26bg2) sendiri memiliki dua metode yang bisa dipakai, pertama dengan bantuan progam FlashTool dan yang kedua lewat SD Card (tanpa PC). Berikut ini caranya yang bisa dipakai untuk flash HP andromax es

Cara Flashing Andromax Es Via FlashTool

Metode pertama yang akan kita pakai untuk flash ulang smartfren Es adalah menggunakan progam QPST yang diinstal di PC / Laptop. Aplikasi tersebut bisa Anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan software seperti failed to set authority flag, bootlop dan lainnya.

Namun sebelum mengaplikasikan cara ini, silahkan Anda download file-file yang dibutuhkan terlebih dahulu yaitu Firmware Qfile, aplikasi FlashTool dan USB driver melalui link yang sudah saya disediakan dibawah ini:

  1. Langkah pertama install dahulu USB Driver Qualcom di Komputer Anda.
  2. Kemudian Ekstrak file Firmware Andromax ES menggunakan winZIP.
  3. Selanjutnya jalankan progam QPST yang sudah Anda install sebelumnya.
  4. Jika sudah pada opsi Flat Build tekan tombol Browse dan arahkan ke file “firmware prog_emmc_firehose.mbn“.
  5. Setelah itu Load XML dan cari file bernama “rawprogam0” yang ada di dalam folder firmware yang sudah di extrak sebelumnya.
  6. Lalu apabila muncul notifakasi pop up windows pilih saja “patch0“.
  7. Kemudian matikan HP andromax ES anda dan sambungkan ke komputer menggunakan kabel USB sembari tekan tombol “Volume atas & bawah“.
  8. Lalu HP Anda akan terdeteksi di komputer, silahan tekan tombol “Download” untuk memulai proses Flash andromax ES.
  9. Terakhir tinggal menunggu proses flashing sampai berjalan 100% ditandai dengan munculnya pesan “Download Succes
  10. Selesai.

Cara Flash Andromax Es Tanpa PC Via SD Card (TWRP)

Cara ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki Komputer. Sebab yang anda butuhkan hanyalah sebuah SD Card yang berisikan file firmware HP Andromax ES original sebagai media untuk flash ulang.

  1. Pertama-tama download dulu file “Stock ROM” HP Andromax ES.
  2. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi winZIP atau WinRAR.
  3. Selanjutnya “copy” file firmware ke penyimpanan SD Card anda.
  4. Setelah itu pasang SD Card ke HP Andromax ES anda dan Matikan handphone tersebut.
  5. Lalu tekan tombol Power & Volume Bawah untuk masuk ke menu Recovery (pemulihan).
  6. Jika sudah pilih opsi “apply update from sdcard” dan cari file Stock ROM Andromax ES yang sebelumnya sudah disalin ke SD Card.
  7. Terakhir tunggu proses flash ulang dari SD Card berjalan sampai 100%.
  8. Selesai.

FAQ

Bagaimana cara mengatasi Andromax ES tidak terdeteksi di Komputer?

Untuk mengatasi Andromax ES yang tidak terdeketi di pc pada saat proses flashing, silahkan anda re-install USB Driver Qualcom tersebut.

Demikianlah artikel mengenai tutorial flash ulang Andromax ES via Flashtool dan SD Card yang bisa anda pakai untuk perbaiki kerusakan software seperti bootloop, hardbrick hingga mati total. Terimaksih telah membaca dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Retinaicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Tinggalkan komentar