Cara Flash Advan S3D
Flashing

Cara Flash Advan S3D

Dengan cara flash ulang HP Advan S3D menggunakan firmware stock ROM bawaan, anda bisa memperbaiki berbagai macam kerusakan software dengan sangat mudah, seperti misal lupa pola, lupa password, bootloop hingga mati total (matot).

Advan S3D sendiri di bandrol dengan harga dibawah 1 jutaan dan dibekali spesifikasi yang cukup tinggi yaitu prosessor single core 1.0 Ghz, memory internal 512 Mb dan RAM sebesar 256 Mb. Oleh karena itu tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan ingin memiliki ponsel tersebut.

Apalagi produk-produk elektronik yang dikeluarkan oleh Advan sudah akrab di masyarakat, sehingga tidak perlu diragukan lagi soal keawetanya. Selain itu Advan juga memberikan masa garansi yang cukup lama yaitu sekitar 6-12 bulan.

Namun meskipun HP advan S3D ini memiliki masa warranty yang lama, banyak pengguna yang mengalami kerusakan baik software maupun hardware. Walaupun memang apabila smartphone tersebut masih memiliki masa garansi bisa kita bawa langsung ke service center resmi advan.

Tapi bagimana jadinya jika garasinya sudah habis dan HP anda mengalami kerusakan sistem. Untuk itu dengan mengetahui cara install ulang Advan S3D bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin memperbaiki kerusakan tersebut.

Selain dapat mereset semua settingan sistem android, proses flashing ini juga bisa kita pakai untuk melakukan update sistem android ke versi terbaru.

Oleh sebab itu, bagi anda pengguna HP Advan tipe S3D yang lupa pola. bootloop dan mengalami kerusakan software lainya, maka tidak perlu khawatir karena bisa anda perbaiki sendiri dengan melakukan flash ulang menggunakan firmware bawaan resmi dari Advan.

Cara Flash Advan S3D Via Research Download

Metode pertama yang bisa anda gunakan untuk flash ulang Advan S3D adalah dengan bantuan aplikasi Research Download Tool. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki tipe-tipe HP Advan yang lain seperti bootloop atau lupa pola.

Nah sebelum masuk ke langkah-langkah flash ulang, silahkan anda siapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti PC / Laptop Windows dan Kabel USB. Sedangkan untuk file firmware Advan S3D (tested), SPD Research Tool dan USB driver Spreadtrum bisa anda download melalui link dibawah ini:

Nama FileDownload Link
USB Driver SpreadtrumDownload
SPD Reasearch ToolDownload
Firmware Advan S3DDownload
  1. Langkah pertama silahkan install “Driver USB Spreadtrum” di Laptop atau Komputer anda.
  2. Kemudian ekstrak file firmware Advan S3D stock ROM menggunakan winrar atau WinZip.
  3. Selanjutnya jalankan progam ResearchDownload.exe yang sudah sebelumnya sudah di download.
  4. Setelah itu Research Download Tool akan terbuka dan klik menu Setting pada bagian kiri atas.
  5. Lalu arahkan ke folder hasil ekstrakan file firmware Advan S3D yang ber ekstensi .pac dan klik open.
  6. Jika sudah tekan Tombol “▶” untuk memulai flash ulang.
  7. Jika sudah kini saatnya matikan HP anda dan hubungkan ke komputer menggunakan kabel USB sambil menekan Volume Atas (+).
  8. Selanjutnya jika HP Advan anda terdeteksi maka proses flashing akan berjalan secara otomatis.
  9. Terakhir tunggu proses flashing hingga 100% ditandai dengan muncul notif “Passed“.
  10. Selesai.

Cara Flash Ulang Advan S3D Via SD Card

Apabila dengan cara pertama proses flashing gagal, maka anda bisa mencoba metode kedua yaitu melalui SD Card tanpa bantuan PC / Laptop. Selain digunakan untuk update HP Advan S3D ke android versi lolipop, cara ini juga sering dipakai untuk meperbaiki kerusakan sistem seperti lupa password atau kata sandi.

  1. Pertama-tama download terlebih dahulu file firmware “Stock ROM” HP Advan S3D.
  2. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan Winzip.
  3. Selanjutnya “copy” file firmware ke penyimpanan memory eksternal (SD Card) anda.
  4. Setelah iitu matikan HP dan pasang SD Card yang berisi firmware ke handphone Advan anda.
  5. Jika sudah tekan tombol Volume Bawah & Power untuk masuk ke menu Recovery.
  6. Jika sudah pilih opsi “apply update from sd card” dan cari file Stock ROM dari Advan S3D yang sebelumnya sudah disalin ke SD Card.
  7. Terakhir tunggu proses flash ulang via SD Card berjalan sampai 100%.
  8. Selesai.

Demikian artikel mengenai cara flash Advan S3D menggunakan Research Download dan via SD Card tanpa bantuan komputer. Silahkan tinggalkan komentar bila ada hal yang kurang jelas. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Vitaly Gorbachev dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *