Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA 2022, Praktis dan Mudah

Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA – Tidak Bisa dielakan lagi bahwa aktivitas belanja online memang semakin hari terus mengalami peningkatan. Apalagi sejak munculnya berbagai e-commerce besar yang menyediakan produk lengkap, seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia.

Menariknya, pembayaran di Tokopedia bisa dengan mudah dilakukan dari rumah via dompet digital DANA. Berikut cara bayar Tokopedia pakai DANA yang bisa anda lakukan.

Syarat Bayar Tokopedia Pakai DANA

Agar dapat membayar belanjaan anda di Tokopedia menggunakan aplikasi DANA, maka terdapat syarat yang perlu anda penuhi terlebih dahulu. Adapun syarat yang dimaksud yaitu akun DANA harus beralih ke tipe Premium, agar dapat digunakan untuk melunasi transaksi di Tokopedia.

Selain dapat membayar pembelian di toko online, anda pun akan memperoleh layanan full service dari DANA ketika beralih ke akun Premium.

Cara upgrade akun DANA ke Premium sendiri tidak sulit, karena dapat dilakukan langsung melalui aplikasi yang sudah terinstall di smartphone anda. Jalankan aplikasi dan klik ikon ‘Me’ yang terdapat di pojok kanan bagian bawah.

Setelah itu klik ‘Verify Your Account” di menu My Account. Lalu klik ‘Unlock Now’ dan ikuti panduan di layar untuk beralih ke akun Premium.

Bayar Tokopedia Pakai Dana

Apabila sudah beralih ke akun Premium, cara bayar Tokopedia pakai DANA pun bisa dilakukan. Caranya sangat mudah karena anda hanya perlu melewati beberapa langkah saja. Dimana anda perlu membuat kode virtual atau virtual account terlebih dahulu di aplikasi Tokopedia, kemudian lakukan transfer dari DANA. Langsung saja, ikuti langkah berikut.

Bayar Tokopedia Pakai DANA

1. Pilih Metode Pembayaran

Setelah memilih produk yang diinginkan di Tokopedia, langsung saja masuk ke opsi pengiriman. Di sana anda akan dibawa untuk memilih metode pembayaran, maka silahkan tap ‘Lihat Semua’. Selanjutnya pilih transfer dengan virtual account dan tentukan rekening apa. Misalnya BCA Virtual Account atau BNI Virtual Account dan bank lain yang tersedia.

2. Ketuk Bayar

Apabila anda sudah memilih opsi transfer virtual account dan menentukan rekening pembayaran, maka silahkan klik ‘Bayar’ di bagian bawah halaman. Maka kode bayar atau virtual account pun akan muncul di layar. Anda bisa menggunakan kode virtual tersebut sebagai cara bayar Tokopedia pakai DANA.

3. Salin Kode Virtual dan Transfer

Kode virtual yang anda dapat dari Tokopedia bisa langsung disalin untuk mempermudah menginput kode ke aplikasi DANA. Setelah itu masuklah ke akun DANA anda dengan input PIN DANA seperti biasa. Jika semua fitur aplikasi sudah ditampilkan di layar, silahkan pilih ‘Transfer’ yang terletak di bagian atas.

4. Kirim ke Akun Bank

Langkah selanjutnya untuk membayar transaksi di Tokopedia menggunakan DANA yaitu kirim ke akun bank, yang mana opsi tersebut bisa anda temukan setelah menekan menu Transfer.

Lalu lanjutkan dengan klik tambah rekening dan masukkan nama bank sesuai yang anda pilih sebelumnya, misal BCA atau BNI. Di kolom nomor rekening bisa langsung disematkan kode virtual yang telah anda salin sebelumnya.

5. Tentukan Nominal Pembayaran

Cara bayar Tokopedia pakai DANA berikutnya yaitu dengan menentukan nominal pembayaran. Anda bisa melakukannya tepat setelah mengisikan nomor rekening dengan kode virtual. Isikan sesuai jumlah tagihan di Tokopedia dan terakhir klik Kirim DANA. Tidak lupa masukkan PIN DANA anda untuk konfirmasi pembayaran.

Akhir Kata

Cukup mudah bukan cara bayar Tokopedia pakai DANA ? Memang caranya tidak bisa hanya dengan sekali klik, karena menu bayar lewat DANA belum tersedia langsung di opsi pembayaran Tokopedia. Sehingga anda perlu mengikuti panduan seperti di atas.

Namun cara ini pun tidak membutuhkan waktu 5 menit dan bisa dilakukan langsung dari rumah, jadi sangat praktis.

Tinggalkan komentar